blog-img
02/09/2021

Penerapan Pengendalian Hama Terpadu Di Kabupaten Bengkayang

|

Kegiatan PPHT merupakan salah satu metode penyebar luasan teknologi pengendalian OPT yang bersifat lokal dan ramah lingkungan. Dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap konsep PHT, maka petani sebagai ujung tombak perlu diberikan pelatihan dan pemahaman secara intensif mengenai konsep PHT. Oleh karena itu, perlu dilakukan kegiatan PPHT yang bertujuan untuk melatih petani menjadi ahli PHT dengan mendidik petani secara langsung dilapangan dengan menggunakan bahasa yang dimengerti oleh petani sehingga petani dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mengendalikan OPT maupun gulma di lahan usahanya.

Tujuan PPHT Tanaman Pangan adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keahlian petani/kelompok tani dalam menganalisa data dan informasi agroekosistem, meningkatkan kemampuan petani dalam pengambilan keputusan tindakan pengendalian berdasarkan hasil pengamatan rutin. Kegiatan PPHT ini dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan Penerapan Pengendalian Hama Terpadu Tanaman Pangan Tahun 2021 dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2021 di Poktan Karya Bersama Desa Cipta Karya yang diikuti oleh 20 peserta ketua kelompok tani yang berasal dari kecamatan Sungai Betung Kabupaten Bengkayang.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Pangan UPT PTPH Bapak Januarius Odillo, S.P. dan dihadiri oleh Kepala UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat Ibu Yuliana Yulinda, S.P, M,Si., koordinator POPT Kabupaten Bengkayang Bapak Said Effendi Syam, S.P dan Penyuluh pertanian Ibu Erna Villo, S.Hut.

Diharapkan untuk selanjutnya, seluruh petani yang telah mengikuti Bimbingan Penerapan Pengendalian Hama Terpadu ini menjadi petani yang kompeten dan berwawasan tentang Penerapan Pengendalian Hama Terpadu sehingga dapat menerapkan 4 prinsip PHT yaitu budidaya tanaman sehat, pengamatan dan pemantauan rutin, pemanfaatan musuh alami, serta petani sebagai ahli PHT demi mengamankan hasil pertanian di Kabupaten Bengkayang. (Y.N) (Kontributor: Yeni Nurhidayah, S.Si)

Bagikan Ke:

Populer